Kesenjangan Antara Harapan dan Kenyataan



Sebuah kata-kata yang acapkali didengar tapi sangat miris untuk dialami, bagaimana pun juga setiap insan manusia pasti akan mengalaminya. Sebuah kesuksesan adalah sesuatu hal yang amat dirindukan oleh setiap manusia, apapun cara akan dilakukan demi sebuah kesusksesan yang didamba-dambakan. Tapi seringkali mereka lupa bahwa bayang-bayang kegagalan akan selalu menghantui setiap langkah mereka. Kesenjangan antara harapan dan kenyataan itulah kata-kata yang barangkali patut kita renungkan bersama, mengapa, kapan, bagaimana dan dimana semua itu akan terjadi waah…! sebuah pekerjaan rumah yang begitu besar untuk kita. 
Mungkin kita harus melihat kebelakang bagaimana proses semua itu bisa terjadi, terlebih kita harus melihat lagi dari proses perencanaan yang baik, pelaksanaan yang matang serta mengevaluasi setiap kesalahan yang terjadi untuk perbaikan dimasa yang akan datang.

Cobalah kita renungkan bersama kekecawaan yang pernah terjadi dalam hidup kita. Kekecewaan tersebut muncul ketika harapan tidak sesuai kenyataan. Kita punya sesuatu dalam pikiran namun tidak terwujud, atau ingin sesuatu namun tidak tercapai. Dan kemungkinan, ketika berpikir tentang sesuatu yang kita harapkan, kita juga sekaligus berpikir bahwa kita akan begitu kecewa jika hal itu tidak terwujud.

Di sisi lain, jika kita berpikir kembali tentang kekecewaan dalam hidup, kita akan menemukan bahwa dalam banyak hal, kekecewaan itu ternyata membawa keadaan yang lebih baik. kita tidak mendapatkan pekerjaan yang kita cita-citakan, namun pada akhirnya kita mendapat pekerjaan yang lebih baik. Atau kita sedih karena putus dengan pacar, tapi kemudian kita menemukan pasangan yang lebih baik. Atau kita benar-benar tidak ingin pindah ke suatu kota karena menurut kita bukan tempat yang menarik, tapi begitu kita tiba di sana kita menemukan versi yang berbeda, dan senang berada disana.

Semua ini mengindikasikan bahwa kita benar-benar tidak dapat yakin apakah sesuatu hal benar-benar yang terbaik bagi kita atau tidak, dan setiap harapan yang mengatakan bahwa kita harus memiliki ini dan itu, harus begini dan begitu cenderung membuat kita menderita akibat kekecewaan.

Tapi yakinlah pada dasarnya setiap kegagalan yang kita alami adalah cikal bakal sebuah kesuksesan, semua itu berawal dari niat yang baik, usaha yang keras serta di barengi doa yang tulus kepada sang pencipta. Maka kita akan mendapatkan sebuah penghargaan dari apa yang kita lakukan tampa menimbulkan sebuah penyesalan,,,,semoga !



# Krui 07 Oktober 2017

Komentar

Posting Komentar